03 May 2013

Sekjen: Aparat Kemenag Harus Profesional



(Sumber : kemenag.go.id) Jakarta(Pinmas)—Sekretaris Jenderal Kementerian Agama
Bahrul Hayat mengingatkan aparat agar bekerja keras dalam melakukan reformasi birokrasi di lingkungan kementerian ini. Untuk itu harus dilakukan secara profesional dan memiliki integritas.
“Ada beberapa aspek yang harus kita lakukan, untuk meningkatkan kinerja Kemenag secara profesional,” kata Sekjen saat menutup Rapim Kemenag 2013 di gedung MH Thamrin Jakarta, Kamis (2/5) sore.
Profesional yaitu serangkaian keahlian yang dipersyaratkan untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan secara efesien dan efektif dengan tingkat keahlian yang tinggi dalam rangka untuk mencapai tujuan pekerjaan yang maksimal.
Secara ringkas Sekjen menjelaskan tentang ciri profesional. “Antara lain mampu mengatur diri sendiri. Selain itu diperlukan self supervision atau siap bekerja untuk menjalankan tugas, dia tidak menuntut orang lain untuk mengawasi dirinya,” terangnya.
Ciri lain dari profesional lanjut Sekjen adalah bekerja secara tuntas atau self completion. “Dia bertanggungjawab atas tugas sampai selesai,” jelasnya.
Sekjen juga berharap aparat Kemenag berkomitmen melakukan perubahan sesuai manajemen perubahan. “Perubahan oleh kita yang diatas untuk menggerakkan yang dibawah,” ujarnya.
Selain itu melakukan peningkatan pelayanan baik pelayanan internal maupun eksternal. Pelayanan eksternal melayani publik secara baik, tapi juga tidak melupakan pelayanan internal “Jangan sampai ada guru ngeluh karena sulit dapat rekomendasi untuk memperoleh tugas ijin belajar,” kata Sekjen. (ks)