12 October 2015

MAN IC sebagai Smart Point dan Spiritual Point Kendari





Kendari(Humas) Pada hari Jumat (9/10/2015) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin,S.Ag.,MA meninjau proses pembangunan Madrasal Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia bersama jajarannya.

MAN IC Kendari merupakan sekolah berasrama dibawah Kemenag yang dibangun diatas lahan Hibah dari Pemkot Kendari. MAN IC pertama kali diinisiasi oleh Presiden ketiga RI Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ. Habibie) melalui BPPT dengan nama Magnet School. Konsep sekolah yang lantas menjadi SMU Insan Cendekia Serpong ini ialah prinsip keseimbangan antara penguasan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan takwa...Untuk saat ini yang sudah beroperasi penuh baru 3 kota yaitu, MAN IC Serpong sebagai pionir, MAN IC Gorontalo dan MAN IC Siak (Riau).
Menurut Zainal Mustamin pendirian MAN IC Kendari sejalan dengan Gerakan Kemenag Bersahaja (Bersih, Relijius, Santun Hijau dan Asri) dan selaras dengan visi dan misi Walikota Kendari Dr. Ir. H. Asrun, M.Eng.Sc “Green City, Smart City dan Spiritual City” dengan  tiga pendekatan yaitu peningkatan pikir, zikir dan ukir.

Pembangunan MAN IC diharapkan dapat menjadi smart point serta spiritual point, yang dapat menghasilkan generasi muda sebagai penerus pembangunan di Kota Kendari maupun tingkat Provinsi dan Nasional yang memiliki wawasan ke-Islaman, berwawasan kebangsaan, berkeunggulan lokal dan global.

Peletakan batu pertama MAN IC Kendari dilakukan pada 10 November 2014 oleh Gubernur Sultra, Sekjen Kemenag RI, Ka.Kanwil Kemenag Prov. SUltra,Walikota Kendari serta Ka.Kemenag Kota Kendari. MAN IC merupakan bagian dari 22 MAN IC yang sedang dibangun di seluruh Indonesia. MAN IC Kota Kendari diharapkan pada tahun 2016 sudah bisa menerima siswa baru melalui melaknisme seleksi nasional secara on-line.
Pada peninjauan kali ini Ka.Kemenag Zainal Mustamin didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah Aidin, Kasi Bimas Islam H. Samsu Alam serta Tim Unit Pengelola Teknis Daerah MAN IC Kendari.
Selain meninjau progress pembangunan, Zainal Mustamin juga mengadakan pertemuan dengan Kontraktor, Pengawas Pekerjaan serta Perencana Pekerjaan untuk meminta laporan pembangunan.

Zainal Mustamin mengharapkan agar semua pihak yang terkait bersungguh-sungguh dalam memepercepat proses pembangunan MAN IC serta menakankan pada kualitas pekerjaan.
Pembangunan MAN IC dilakukan oleh pihak Kemnterian Agama secara bertahap, kedepannyanya MAN IC akan dilengkapi dengan Asrama Putra/Putri, Ruang Belajar, Aula, Gedung dan Lapangan Olahraga, Ruang Makan, Aula, Mesjid, Perumahan Pengajar & Pengurus MAN IC serta fasilitas lainnya. Selain itu Pemkot Kendari berkontribusi besar terhadap pembanguan MAN IC yaitu menghibahkan Tanah juga akan membangun jalan akses yang beraspal, menyediakan pipa air dari PDAM,menyediakan fasilitas listrik. Hal ini tidak lepas dari hubungan yang harmonis antara Kemenag Kota Kendari dengan Pemkot Kendari.Dengan pembanguan MAN IC kedepannya akan akan meningkatkan pertumbuhan kawasan dan member nilai tambah bagi Kota Kendari.(bepe)