25 January 2016

KUA Wua-Wua dan MIN 1 Kendari raih penghargaan Kemenag Bersahaja



Kendari(Humas)-Gerakan Kemenag Bersahaja (Bersih, Religius, Santun, Hijau dan Asri) yang diinisialisasi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin, S.Ag.,MA merupakan bentuk responsifitas yang bersifat spontan dari Kementerian Agama Kota Kendari terhadap Visi Pemkot Kendari Tahun 2013 – 2018 yaitu “ Terwujudnya Kota Kendari sebagai Green City, Smart City dan Spiritual City yang berbudaya” dengan Visi Kantor Kementerian Agama Kota Kendari yaitu “ Terwujudnya Masyarakat Kota Kendari yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera Lahir Bathin”.

Gerakan Kemenag Bersahaja di Launching oleh Walikota Kendari Dr. Ir. H. Asrun, M.Eng, Sc bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin, S.Ag.,MA pada tanggal 8 Juli 2014. GerakanKemenag Bersahaja” diimplementasikan pada unit kerja Kementerian Agama Kota Kendari, seperti Madrasah, Pondok Pesantren, Kantor Urusan Agama (KUA) yang terdapat di seluruh wilayah Kota Kendari, organisasi keagamaan dalam binaan Kementerian Agama Kota Kendari seperti BKPRMI, BKMT, FKPAI, FKDMI, Majelis Ta’lim, dan lainnya. Semua organisasi tersebut dipastikan akan memiliki tanggungjawab moral dan menjadi lokomotif utama dalam mengimplementasikan Gerakan “Kemenag Bersahaja”. Pada tahun 2015,  Gerakan “Kemenag Bersahaja” sudah diimplementasikan di 15 titik yaitu 10 KUA, 4 Madrasah Negeri serta 1 Ponpes.

Untuk mengapresiasi penerapan Gerakan Kemenag Bersahaja, Kantor Kemenag Kota Kendari berinisiatif memberikan penghargaan kepada satker yang berhasil dalam membudayakan gerakan Kemenag Bersahaja. Penilaian pada tahun 2015 dilakukan secara terus menerus serta berdasarkan kriteria yang ada yaitu memenuhi unsur Bersih, Relijius, Santun, Hijau dan Asri.

Pekan lalu, bertepatan dengan peresmian gedung Aula 2 lantai serta peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, penghargaan Gerakan Kemenag Bersahaja diberikan kepada  KUA Wua-Wua dengan nilai A sebagai Satker yang secara terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten, kemudian KUA Kambu dan KUA Kendari dengan nilai B+ sebagai Satker yang sduah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten. Untuk tingkat Madrasah & Ponpes, penghargaan diberikan kepada MIN 1 Kendari dengan nilai A, serta MAN 1 Kendari dan Ponpes Umussabri (Pesri) dengan nilai B+.
Penyerahan piagam penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin, S.Ag.,MA yang disaksikan oleh para pejabat eselon IV, Kepala KUA, Kepala Madrasah, seluruh pegawai lingkup Kantor Kemenag Kota Kendari serta para tamu undangan.

Zainal Mustamin mengatakan bahwa pemberian penghargaan Kemenag Bersahaja akan terus dilakukan setiap tahunnya, tujuannya agar memotivasi Satker untuk menerapkan indikator yang sudah ditentukan. Selain pada KUA, Madrasah, Gerakan Kemenag Bersahaja akan diperluas kepada Majelis Taklim, Masjid, TPA, RA dan organisasi masyarakat yang dibawah pembinaan Kemenag Kota Kendari.(bepe)


No comments:

Post a Comment