22 July 2014

Kemenag Kota Kendari & RA Muzdalifah lakukan Baksos






Kendari (Humas) Kantor Kementerian Agama Kota Kendari bersama RA Muzdalifah Kendari melakukan kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) dengan membagikan 60 bingkisan kepada siswa kurang mampu yang ada di Yasasan Pendidikan Baitul Fitrah Lakidende, Desa Asaki Kec. Lambuya, Konawe, Kamis (17/7/2014).
Baksos ini merupakan inisiatif dari pihak RA Muzdalifah yang dipimpin oleh Hj. Wa Enano, S.Pd.I yang juga merupakan Ketua IGRA Kota Kendari. Menurut Hj.. Waenano bahwa dana baksos ini merupakan sumbangan dari guru-guru serta orang tua siswa di RA MUzdalifah. Dipilihnya Yasasan Pendidikan Baitul Fitrah Lakidende, Lambuya karena yayasan ini menampung siswa-siswa kurang mampu dari RA s/d MI, dimana hampir 95% merupakan siswa tidak mampu secara ekonomi. Untuk itu RA Muzdalifah merasa terpanggil dan peduli untuk melakukan bhakti sosial. Dipilihnya Desa Asaki, Kec. Lambuya Kab. Konawe, karena untuk penyaluran di Kota Kendari terutama di panti asuhan atau tempat lainnya sudah banyak yang menyumbang dari berbagai instansi dan perusahaan, sedangkan di luar daerah , khususnya Kec. Lambuya kurang tersentuh oleh bantuan.

Disamping kegiatan baksos , RA Muzdalifah menjalin kemitraan dengan Yayasan Pendidikan Baitul Fitrah Lakidende dalam hal pendampingan manajemen sekolah. Seperti diketahui bahwa RA Muzdalifah yang sudah memiliki 2 RA yaitu di daerah BTN Batu Marupa Indah serta di Jl. Malik Kendari, telah menerapkan manajemen pengelolaan sekolah yang baik, hal ini dibuktikan dengan semakin bertambahnya siswa tiap tahun dan menghasilkan lulusan RA yang mampu bersaing di tingkat MI/SD.

Kepala  Kantor Kemenag Kota Kendari Zainal Mustamin, S.Ag.,MA mengapresiasi baksos yang dilakukan oleh pihak RA Muzdalifah, karena hal tersebut  merupakan wujud dari ibadah sosial terhadap sesame warga. Apalagi baksos ini dilakukan dengan membantu yayasan pendidikan Islam dibawah di bawah naungan Kementerian Agama. Hal ini merupakan terobosan yang positif bagi terbangunnya jalinan silaturahmi dan kemitraan antar yayasan pendidikan. Menurut Zainal, bahwa yang bersekolah di RA/ MI Baitul Fitrah Lakidende merupakan anak-anak yang kurang mampu, dimana orang tuanya kebanyakan petani kecil, dengan kondisi rumah masih beratap rumbia dan beralaskan tanah. Bantuan yang diberikan merupakan bentuk perhatian dan diharapkan dapat bermanfaat di Bulan Ramadhan ini.

Selain kegiatan bhakti sosisal, Kemenag Kota Kendari berkomitmen membantu mengentaskan permasalahan kemiskinan melalui program bedah rumah, bedah madrasah yang akan dilaksanakan setelah Idul Fitri. Disamping itu juga Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kota Kendari yang dipimpin oleh Ny. Muliati telah menyalurkan paket bingkisan kepada masyarakat kurang mampu yang ada di Kota Kendari.  Rencananya kegiatan DWP pada bulan Agustus akan menyalurkan paket bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kec.Puuwatu.

Zainal mengharapkan peran aktif para Kepala Madrasah, Kepala KUA, guru serta para staf di lingkup Kantor Kemenag Kota Kendari untuk menyisihkan sebagian hartanya melalui infaq dan sedeqah bagi terlaksananya program sos
ial tersebut. (bepe)