13 April 2017


Kendari (Humas) --- Kantor Kementerian Agama Kota Kedari membuka pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2017. Pelunasan Tahap I mulai dibuka Senin, 10 April hingga 5 Mei 2017 sedangkan Tahap II mulai dibuka Senin, 22 Mei hingga 2 Juni 2017 diperuntukan bagi jamaah yang gagal sistem di pelunasan tahap I,  jamaah yang sudah status haji, penggabungan keluarga (yang terkaper pada pengusulan pengabungan keluarga), dan  lansia dan pendamping lansia (yang terkaper pada pengusulan jamaah lansia dan pendamping lansia).

Pada rapat Pembahasan Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) di ruang kepala kantor Selasa, (11/4/17) yang dihadiri oleh semua perwakilan Bank Penerima Setoran Haji (BPS) di kota kendari maupun kelompok jamaah haji.

Kepala Kementerian Agama Kota Kendari Samsuri, meyampaikan harapannya kepada BPS Haji menyapaikan harapanya “ BPS dapat menyurati calon jamah haji  yang telah masuk kuota untuk segera melunasi BPIH yang telah ditetapkan oleh pemerintah”.

Selain itu lanjut samsuri agar BPS dapat melakukan verifikasi bukti setoran awal Calon haji dengan mengunakan loket khusus agar mempermudah jamaah calon haji yang akan melakukan pelunasan BPIH.

Lanjut Samsuri untuk mengurangi kesalapahaman dengan Calon Jamaah haji agar kiranya BPS dapat mengedepankan informasi kepada para Jamaah.


Selanjutnya Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Kendari, Sunardin mengungkapkan, “masih terdapat lebih kurang 100 Jamaah Calon Haji yang telah masuk nomor porsinya namun masih belum melaporkan dirinya pada Kemenag Kota Kendari sehingga beliau berharap agar BPS dapat menghubungi Calon Jamaah Haji yang bersangkutan”.

Lanjut Sunardin meyampakan kepada BPS agar dapat menempelkan Kepres Nomor 8 Tahun 2017 pada loket pelunasan BPIH karena informasi yang beredar dalam media masa tentang BPIH adalah biaya rata-rata dari 12 embarkasi di Indonesia.

Sunardin menyebutkan, BPIH tahun 2017 untuk embarkasi Makassar sebesar Rp. 38.972.250. Ia menjelaskan, nama CJH yang telah diumumkan dapat melakukan pelunasan pada bank dimana jemaah membuka rekening tabungan haji.


"Nanti bukti pelunasan dari bank dibawa ke Kemenag Kota Kendari
untuk pendaftaran selanjutnya," kata Sunardin. Ia berharap, jemaah melakukan pelunasan sesuai jadwal yang telah ditentukan. (atw)

No comments:

Post a Comment