30 March 2013

Kemenag Kendari Terima Tim BPK RI



(Humas Kemenag Kendari) —- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Zainal Mustamin, S.Ag., MA, menerima kedatangan Tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Selasa, (26/3/2013) di Kantor Kemenag Kendari. Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Kota Kendari didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU), Hj. Nurhayati R, S.Sos., M.Si, bersama sejumlah Eselon IV lingkup Kemenag Kota Kendari.
Terkait kedatangan tim BPK serangkain pelaksanaan tugas pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2012 di lingkup Kantor Kemenag Kota Kendari tersebut, Kepala Kemenag Kota Kendari, Zainal Mustamin memberikan apresiasi dan mendukung tugas-tugas Tim BPK, karena hal ini bertujuan untuk mendukung proses tata kelola Kementerian Agama yang baik dan bersih atau ‘Good governance’. “Kementerian Agama berkepentingan membangun good governance, karena institusi ini sering dituding sebagai salah institusi pemerintah paling korup dan berkinerja rendah. Kemenag harus menjadi motor dalam upaya pemberantasan KKN di lingkungan birokrasi pemerintah,” katanya.
Pemeriksaan BPK terhadap Laporan Keuangan lanjut Zainal, merupakan amanah dari UU Tahun 2004 tentang Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara. “BPK dapat memberikan opini Wajar Tanpa Pengucualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Disclaimer dan Tidak Wajar (TW),” ujarnya.
Pada kesempatan itu pula, Zainal kembali menyatakan, hasil pemeriksaan BPK berkontribusi pada Opini Kinerja Kemenag secara umum. Karena itu harap dia, semua pengelola kegiatan dapat menyajikan data dan pertanggungjawaban kegiatan secara wajar sesuai dengan Standar Akutansi Pemerintah.


Setelah diterima, Tim BPK langsung melakukan pemeriksaan yang dipusatkan di ruangan keuangan dengan fokus pemeriksaan diantaranya Kelengkapan Dokumen Pelaksanaan Anggaran, Dokumen Pencairan, Daftar Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa serta Dokumen Pedoman Peraturannya.
Saat pemeriksaan berlangsung, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. H. Muchlis A Mahmud, MM, didampingi Kabag Tata Usaha H. Hasanuri SH., M.HI dan Kasubbag Keuangan Hj. Erna Kemalaraden, SE.I, M.Pd.I, berkenan melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau jalannya proses pemeriksaan. (bepe)