02 September 2014

Irjen Kemenag RI Wilayah Timur Pantau Audit Kinerja di Kemenag Kota Kendari


Kendari, (Inmas Sultra) — Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI Wilayah Indonesia Timur, H. Hilmi Muhammadiyah memantau pelaksanaan audit kinerja di Kantor Kemenag Kota Kendari, Selasa (26/8). Sebelum tiba di Kemenag Kota Kendari, Penanggungjawab Tim Auditor itu memantau audit kinerja di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Qaimuddin Kendari.

Kedatangan Irjen Kemenag Wilayah Indonesia Timur tersebut disambut Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Zainal Mustamin bersama para pejabat eselon IIIdan sejumlah karyawan lingkup Kemenag Kota Kendari, untuk selanjutnya menyambangi sekaligus mengadakan pertemuan internal dengan Tim Auditor yang tengah melakukan pemeriksaan di aula Kantor Kemenag Koata Kendari dengan tujuan untuk memastikan bahwa audit yang dilakukan sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan.

Sebagaimana diberitakan sebelunya, Tim Auditor yang berjumlah 6 orang yang diketuai H. Fuad melakukan pemeriksaan di Kemenag Kota Kendari sejak 18 s/d 29 Agustus 2014. Dan Untuk mengawal proses pemeriksaan, Tim Auditor didampingi seorang Pengendali Teknis (Dalnis), H. Irianto.

Ruang lingkup pemeriksaan yaitu Pengujian atas kinerja tugas dan fungsi unit kerja dan program, sedangkan sasaran audit adalah seluruh kegiatan strategik pada Kantor Kemenag Kota Kendari Tahun Anggaran 2013.

Untuk pengukuran Capaian Kinerja dilakukan dengan metode pengukuran kinerja Balanced Scorecard yang terbagi menjadi empat perspektif yaitu 1. Perspektif Stakeholders ; 2. Perspektif Internal Proses; 3. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan; serta 4. Perspektif Keuangan.

Pengukuran/penilaian kinerja  meliputi fase pengujian bukti, pengukuran dan penilaian capaian kinerja dan diakhiri dengan penilaian skor kinerja dari nilai kurang dari 45 s/d 100.Setelah melakukan koordinasi dengan Tim Auditor di Kemenag Kota Kendari, selanjutnya Hilmi Muhammadiyah didampingi Zainal Mustamin menuju Kabupaten Konawe memantau Tim Auditor yang melakukan pemeriksaan di Kantor Kemenag Kabupaten Konawe. (Bepe/Pudo/sultra.kemenag.go.id)