02 September 2014

Zainal Imbau CJH Lengkapi Pengetahuan Tentang Perhajian


Kendari (Humas) — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Zainal Mustamin, S.Ag., MA mengimbau seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) untuk melengkapi pengetahuan tentang perhajian. Imbauan tersebut disampaikan Zainal pada pembukaan manasik haji tingkat kecamatan Poasia, belum lama ini.

“Kami sangat mengharapkan agar calon jamaah haji mengikuti kegiatan manasik dengan bersungguh-sungguh serta memperbanyak pengetahuan tentang manasik melalui manasik mandiri, supaya dapat melengkapi pengetahuan tentang perhajian yang tidak hanya didapat dari manasik bersama,” harap Zainal, Selasa (5/8/2014) dihadapan CJH.

Selain membuka kegiatan manasik, pada kesempatan itu Zainal juga me-“Launching” Program Kemenag Bersahaja (Bersih, Religius, Santun, Hijau dan Asri) untuk tingkat Kecamatan Poasia.
Zainal menuturkan, program Kemenag Bersahaja merupakan wujud komitmen Kemenag Kota Kendari untuk bersama-sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) membangun Kota Kendari yang lebih baik.

“Program Kemenag Bersahaja menitikberatkan pada pembudayaan karakter pada masyarakat, khususnya di lingkungan Kemenag Kota Kendari. Untuk tahun depan (2015_red), program Kemenag Bersahaja akan diperluas ke masjid-masjid yang ada di Sepuluh Kecamatan,” tuturnya.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, program Kemenag Bersahaja telah diluncurkan (Launching) oleh Walikota Kendari, DR. Ir. H. Asrun, M.Sc, Eng, pada 8 Juli 2014 lalu.
Tak lupa Zainal menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Camat Poasia yang telah mendukung kegiatan Manasik Haji, termasuk dengan menyediakan fasilitas gedung aula.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Poasia, Musdar, S.Ag melaporkan bahwa pelaksanaan manasik haji berlangsung selama 7 hari, dengan pemateri atau narasumber dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Provinsi Sultra, Balai Diklat Provinsi Sultra, serta para tokoh agama yang berkompeten di bidang perhajian.

Musdar menyebutkan, Calon Jamaah Haji yang mengikuti kegiatan manasik itu berjumlah 47 orang, dengan rincian 31 orang dari kecamatan Poasia, 13 orang dari Kambu dan 3 orang dari kecamatan Abeli.Hadir pada pembukaan kegiatan, Camat Poasia, Danramil Poasia, Lurah se-Kecamatan Poasia serta para CJH. (bepe/pudo/sultra.kemenag.go.id)