02 September 2014

Zainal Mustamin: Kemenag Kota Kendari Siap Diaudit Kinerja

Kendari, (Humas) — Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari siap untuk diaudit kinerja oleh tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag RI. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Zainal Mustamin, S.Ag., MA, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat,(23/8/2014).
Audit Kinerja oleh Tim Itjen Kemenag RI dilakukan selama 12 hari, mulai tanggal 18 s/d 29 Agustus 2014, dan dipusatkan di aula Kemenag Kota Kendari.

Audit Kinerja merupakan pemeriksaan yang terstruktur dan relatif baru diterapkan oleh Itjen Kemenag RI kepada Satker yang terpilih. Pemeriksaan dan penilaian kinerja didasarkan kepada indikator-indikator yang telah ditetapkan secara matang dan cermat.

Tim Itjen yang berjumlah 8 orang akan mengaudit kinerja Kemenag Kota Kendari, dengan pokok pemeriksaan sebanyak 30 item pada semua kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2013.
Zainal mengatakan bahwa dengan adanya Audit Kinerja akan menunjukkan seberapa besar capaian kinerja serta target yang telah direalisasikan oleh Kemenag Kota Kendari serta akan diketahui bagian mana yang telah tepat secara proses dan prosedur dan bagian mana yang masih harus diperbaiki.

Zainal meminta kepada seluruh jajarannya agar bersikap kooperatif dan ikut membantu kelancaran Audit Kinerja. Semua bukti dokumen kegiatan di tahun 2013 yang diminta oleh Tim Audit harus diserahkan, serta kepada pegawai yang turut diperiksa agar menyiapkan jawaban dan data yang valid.

Menurut Zainal, hasil akhir pemeriksaan auditor akan diketahui berapa skor kinerja Kantor Kemenag Kota Kendari, apakah cukup berhasil, berhasil atau sangat berhasil. Rencananya ekspose hasil akan dilakukan pada tanggal 28 atau 29 Agustus 2014. (bepe/pudo/sultra.kemenag.go.id).