02 September 2014

Kemenag Kendari raih Nilai Audit Kinerja 79,47




 

 
 Kendari (Humas) Setelah melakukan pemeriksaan selama 10 hari sejak tanggal 18 Agustus , Ketua Pengendali Teknis Auditor Irjen Kemenag RI H. Irianto menyerahkan hasil Audit kepada Ka.Kemenag Kota Kendari Zainal Mustamin, S.Ag,MA dalam acara Ekspose Hasil Audit Kinerja yang bertempat di Aula Kemenag Kota Kendari, Kamis (28/8/2014).

Untuk Audit Kinerja  Kemenag Kota Kendari memperoleh nilai 79,47 atau masuk dalam kategori “Berhasil” , hasil ini lebih baik dari yang didapat oleh Kakemenag Kab. Konawe yang memperoleh nilai 71,099. Sedangkan untuk rata-rata nilai Sistem Pengendalian Internal (SPI) mencapai 75 %.

Ruang lingkup pemeriksaanyang dilakukan oleh Irjen Kemenag RI  meliputi  Pengujian atas kinerja tugas dan fungsi unit kerja dan program  sedangkan sasaran audit adalah seluruh kegiatan stratejik  pada Kemenag Kota Kendari Tahun Anggaran 2013.
Sedangkan  pengukuran Capaian Kinerja dilakukan dengan metode pengukuran kinerja Balanced Scorecard yang terbagi menjadi empat perspektif yaitu 1. Perspektif Stakeholders  2. Perspektif Internal Proses 3. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan 4. Perspektif Keuangan.

H. Irianto mengatakan bahwa penilaian yang dilakukan oleh Tim Audit dari Irjen dilakukan seobjektif mungkin sesuai dengan prosedur dan teknis pemeriksaan yang telah ditentukan. Hasil yang dicapai menunjukan kondisi sebenarnya dari pelaksanaan tuhgas dan fungsi di Kemenag Kota Kendari.

Sementara itu Zainal Mustamin yang baru menjabat 1,5 tahun sebagai Kepala Kemenag Kota Kendari mengucapkan terima kasih kepada Tim Auditor Irjen Kemenag RI. Dimana untuk tahun 2014 ini selain Kemenag Kota Kendari, juga Kemenag Kab. Konawe serta STAIN  Kendari juga dilakukan Audit Kinerja.   Adapun hasil yang diraih merupakan sebagai pemicu dalam meningkatkan kinerja serta memperbaiki kukurangan yang masih ada. Karena dengan adanya penilaian kinerja ini diharapkan dapat mewujudkan “clean” dan “good governance” serta dapat meningkatkan aspek kualitas administrasi internal serta kulaitas pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu Zainal meminta kepada seluruh jajaran Kemenag Kota Kendari agar mencermati, memahami dan mengikuti prosedur serta peraturan yang berlaku dalam setiap melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai aparatur negara. Marilah kita sama-sama membawa Kementerian Agama menuju arah yang lebih baik serta menjadi Instansi yang bersih serta baik dan dapat dipercaya oleh masyarakat(bepe)

No comments:

Post a Comment