01 February 2017

Kemenag Kendari jalin MoU dengan IAIN Kendari

Kendari (Humas) Dalam rangka meningkatkan kerja sama yang harmonis antara Kementerian Agama Kota Kendari dengan IAIN Sultan Qaimuddin Kendari pada tanggal 30 Januari 2017 telah ditandatangani naskah Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi  Program S1 Manajemen Dakwah.
Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Kementerian Agama Kota Kendari. Kepala Kemenag Kota Kendari, Samsuri, S.Ag,S.Pd.,M.Pd dan Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari, Drs. Amir, M.Th.I  bertindak sebagai penandatangan MoU. Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat eselon IV Kemenag Kota Kendari, Wakil Dekan I dan III Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah serta mahasiswa IAIN.


Kedua pihak sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang Penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi Program S1 Manajemen Dakwah dan Penyediaan Pengajar dari Kemenag Kota Kendari khususnya Manajemen Pengelolaan Haji.
Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari, Amir  mengatakan bahwa untuk saat ini kerjasama diarahkan kepada Kantor Kemenag Kota Kendari, khususnya dengan Penyelenggara Haji dan Umroh.  Dimana sebanyak 7 orang mahasiswa akan melakukan PPL dan diharapkan mampu memperoleh pengetahuan, wawasan dan pengalaman kerja mengenai manajemen pengelola haji. Lebih lanjut Amir mengatakan bahwa IAIN Kendari kedepannya akan membuka peminatan program pengelolaan Haji dan Umroh. Kerjasama tidak hanya terbatas pada 2 (dua) hal ini namun dapat berkembang dalam berbagai bidang, misalnya kerjasama dalam pembinaan bersama untuk  penyuluh agama, pembinaan pengelolaan manajemen masjid termasuk para imam masjid serta pembinaan baca tulis Al Quran.


Sementara itu Kepala Kemenag Kota Kendari, Samsuri, mengatakan bahwa Mou ini merupakan Implementasi dari MoU antara Kepala Kanwil kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara H. Moh. Ali Irfan dengan Rektorr IAIN Kendari Dr.H. Nur Alim beberapa waktu lalu. Diawali dengan PPL bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,  dimana mahasiwa dapat melaksanakannya di Madrasah yang dikelola pihak Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, saat ini sudah ada mahasiswa yang yang melakukan PPL di MIN 1 dan MAN 1 Kendari. Kepala Kemenag Kota Kendari sependapat dengan Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari mengenai tindak lanjut serta pengembangan kerjasama yang lebih luas pada bidang lainnya.


Samsuri mengingatkan kepada mahasiswa yang mengikuti PPL agar menjaga etika, mampu bersinergi dan beradaptasi dengan ritme kerja Kantor Kemenag Kota Kendari. Disamping itu juga Samsuri mengharapkan agar kedepannya lulusan mahasiwa IAIN mampu berbaur dengan masyarakat, responsif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi serta mampu membaca Al Quran secara baik dan benar agar lulusan IAIN mempunyai keunggulan tersendiri yang dapat dibanggakan di tengah masyarakat. (bepe)