21 September 2016

Kepala Kemenag Kendari hadiri lomba P2WKSS Provinsi Sultra

foto : radarsultra.co.id


Kendari (Humas) - Kelurahan Mata, Kecamatan Kendari, mewakili Kota Kendari dalam lomba peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Sultra 2016.

P2WKSS bertujuan meningkatkan peranan wanita dalam pembangunan menuju keluarga sehat sejahtera, termasuk di dalamnya pembinaan generasi muda agar menjadi generasi yang tangguh dalam meneruskan cita-cita bangsa, kata Wali Kota Kendari Dr. Ir. H. Asrun, M.Eng.Sc saat menerima tim penilai P2WKSS di Kelurahan Mata, Kamis(15/9/2016). 

Selain para Kepala SKPD lingkup Pemkot Kendari, juga Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Samsuri, S.Ag.,S.Pd.,M.Pd turut hadir dalam acara tersebut. Kemenag Kota Kendari dipercaya untuk merehab/ bedah salah satu rumah warga miskin di Kel. Mata, Kec. Kendari. Rumah tersebut direhab menjadi rumah layak huni dan rumah sehat bagi keluarga. Keikutsertaan Kemenag sudah ke-4 kalinya, jika sebelumnya di Kel. Mangga Dua, Kel. Bungkutoko dan Kel. Baito 




P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peran wanita dalam pembangunan yang berupa pengembangan sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam dan lingkungan menuju terwujudnya keluarga sejahtera sebagai wujud nyata masyarakat desa/kelurahan dengan wanita sebagai motor penggeraknya.

"Sudah sangat jelas bahwa program peningkatan peran wanita yang menggunakan pola pendekatan lintas sektor, berupaya untuk mempercepat meningkatnya kesejahteraan keluarga dengan sasaran prioritas kegiatan pendidikan, keterampilan, peningkatan penghasilan keluarga dan kesehatan terutama di lingkungan rawan sosial dan ekonomi," ujarnya.

Dijelaskan, penetapan Kelurahan Mata untuk mewakili Kendari dalam ajang lomba P2WKSS, sudah tepat karena sebagian besar penduduknya masih memiliki tingkat pendidikan dan ekonomi yang rendah, serta kondisi lingkungan pemukiman yang cukup memprihatinkan.

"Kegiatan P2WKSS adalah kegiatan kaum perempuan semata, namun peran kaum pria justru sangat diharapkan dalam upaya pencapaian keadilan dan kesetaraan gender yang berarti pembagian peran, tugas dan tanggungjawab antara laki-laki dan perempuan," ujarnya.

Pembagian tugas dan wewenang itu katanya, harus terbagi secara proporsional dan membagi siapa melakukan apa tanpa melanggar kodrat. "Kepada tim penilai, sebagai wali kota Kendari, maka besar harapan kami bisa menjadi juara dan mewakili Sultra pada ajang lomba P2WKSS, karena Kendari sudah sering juara," katanya.

Adapun tim penilai lomba P2WKSS dipimpin langsung oleh ketua tim penilai yakni Asisten I Setda Prov. Sultra Sarifuddin Safaa.



Sumber : sultra.antaranews.com

No comments:

Post a Comment