26 January 2015

Kemenag Kota Kendari libatkan BKPRMI dalam Seleksi Penyuluh Agama



Kendari (Humas) Untuk menghasilkan penyuluh agama yang berkualitas, maka pihak Kemenag Kota Kendari bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Prov. Sultra dalam menyeleksi Penyuluh agama Non PNS. Tes dilaksanakan di Aula & Mushala Kemenag Kota Kendari, selama 2 hari, dari tanggal 21 s/d 22 Januari 2015.



Materi yang dites selain tes administratif,  baca tulis Alquran, Fiqih Ibadah serta kemampuan manajemen pengelolaan TPQ / Majelis Taklim.  Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zaenal Mustamin, S.Ag.,MA bahwa Penyuluh Agama tidak hanya  sekedar mengajarkan baca Al-Quran namun, harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pemberdayaan umat serta dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menghindari pemahaman radikalisme yang dapat memecah belah persatuan umat. Penyuluh agama harus dapat mensosialisasikan program-program pembangunan keagamaan baik dari Kementerian Agama maupun program dari Pemkot Kendari serta ikut aktif dalam membumikan Gerakan Kemenag Bersahaja (Bersih, Relijius,  Santun, Hijau dan Asri) serta mendukung terwujudnya Visi Misi Kota Kendari yang digagas oleh Walikota Kendari H. Asrun yaitu menjadikan Kota Kendari sebagai “Green City, Smart City dan Spiritual City”.

Penyuluh Agama Non PNS di Kota Kendari yang akan di SK-kan berjumlah 361 orang, dimana mereka mendapatkan insentif dari pemerintah pusat, untuk itu Penyuluh Agama harus mempunyai data serta laporan yang akurat mengenai kegiatan TPQ atau Majelis Taklim binaannya, hal ini bertujuan sebagai fungsi kontrol bagi Kementerian Agama. Zainal mengharapkan bahwa laporan penyuluh agama harus mempunyai output yang jelas, terarah dan terukur.


Kerjasama dengan BKPRMI merupakan wujud kemitraan dalam melahirkan program-program pemberdayaan umat di Kota Kendari, dengan peran aktif dan saling sinerginya kemitraan dengan organisasi keagamaan maka tujuan dalam mensukseskan pembangunan & peningkatan kualitas kehidupan beragama di Kota Kendari dapat terwujud.(bepe)

No comments:

Post a Comment