16 June 2015

Zainal Mustamin : Guru Harus Mengajar Dengan Cinta



Kendari (Inmas Sultra) Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari Zainal Mustamin, S.Ag.,MA dalam sambutannya di hadapan peserta dan tamu undanagn pada pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Kurikulum 2013 (K-13) bagi guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Dasar (SD) se-Kota Kendari, Kamis pecan lalu (11/06) bertempat di Aula Kemenag Kota Kendari. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Dikbud Kota Kendari yang diwakili oleh Sekretaris  Dinas Dikbud yaitu Dra. Surtini Sarita, M.Pd, Kasubag Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Kendari Hj. Nurhayati, para pejabat eselon IV serta Ketua Pokjawas PAI.

Menurut  Zainal bahwa setiap guru harus mengajar dan mendidik siswanya dengan cinta, ibarat seorang penjahit yang dengan telaten dan sangat hati-hati menjahit baju untuk orang yang disayanginya. Jangan memakai pola-pola lama yang masih memaki pola menakuti siswa. Apalagi Pendidikan Agama Islam (PAI) harus disampaikan dengan simpatik, santun serta keteladanan guru dalam membawakannya. Karena Kementerian Agama menitipkan siswa-siswa kepada Guru PAI  untuk menjadi anak-anak yang saleh yang berakhlakul kharimah dan mempunyai keunggulan akaedmik serta keunggulan perilaku. PAI yang diberikan dan diperoleh di sekolah harus dapat diimplementasikan di lingkungan keluarga serta masyarakat.

Lebih lanjut Zainal Mustamin menatakan bahwa Kemenag Kota Kendari senantiasa bersinergi dengan program Pemkot Kendari terutama dalam mensukseskan Visi Kota Kendari sebagai Kota “Green City, Smart City dan Spiritual City”. Kemenag Kota Kendari melalui Gerakan Kemenag Bersahaja (Bersih, Relijius, Santun, Hijau dan Asri) melibatkan Guru PAI baik di Sekolah Umum maupun di Madrasah dalam mendukung program tersebut. Guru PAI harus aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan misi tersebut dengan mendidik dan mengajar siswa-siswa yang cerdas, peduli pada lingkungan serta berakhlak kharimah, yang kedepannya akan menjadi calon-calon pengisi dan penggerak pembangunan di Kota Kendari. (bepe)


No comments:

Post a Comment