03 June 2015

Zainal Mustamin hadiri Wisuda Santri Ponpes Ummusabri




 Kendari(Humas) Ponpes Ummusabri atau yang lebih dikenal sebaga Pesri pada hari Kamis Kamis (28/5) menggelar wisuda terpadu santri/siswa tahun pelajaran 2014-2015  sebanyak 407 siswa dari berbagai tingkatan mulai dari TK s/d Madrasah Aliyah di di Aula KH Baedhawi Kompleks  Pesri Kendari. 

Untuk PAUD yang diwisuda sebanyak  76 siswa , Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 143 siswa, Madrasah Tsanawiyah sebanyak 161 siswa serta Madrasah Aliyah sebanyak 29 siswa.
Para siswa diwisuda oleh Ka.Kanwil Kementerian Agama PProvinsi Sulawesi Tenggara H. Moh. Ali Irfan, Kabiro Kesra Prov. Sultra KH. Mursyidin , Dewan Pimpinan Pusat (DPP)Gerakan Pembaruan Pendidikan Islam (GUPPI) Prof Dr. Syafi”i Mufid serta Ketua Yayasan Ummusabri Kendari Dr. Supriayanto.

Selain itu juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin ikut menghadiri kegiatan tersebut sebagai salah satu Direktur Ummusabri . Kasubag Tata Usaha Kemenag Kota Kendari Hj. Nurhayati turut menghadiri kegiatan tersebut. Tamu undangan yang hadir terdiri dari Alumni, Pejabat Kemenag, Dewan Guru, pengasuh/Pembina, Orang tua wali santri serta para wisudawan dan wisudawati.

Ketua Yayasan Ummusshabri Kendari dalam pengantar katanya menyampaikan di tahun pelajaran 2015-2016 sebagai salah satu bentuk model pengembangan lembaga pendidikan Pesri Kendari menyelenggarakan kelas unggulan untuk tingkatan MI dan Tingkat MTs. Di tingkat MI kelas unggulan ini diberi nama kelas CIBI (Cerdas, Intelektual, Berbakat Islami,) sedangkan untuk di MTs disebut dengan Kelas CIBER ( Cerdas, Intelektual, berbakat, Relijius), kelas ini memang didisaian dan dikembangkan secara khusus bagi anak anak yang tumbuh dan perkembangannya lebih cepat atau bahkan sangat cepat dibanding dengan ukuran  anak anak lainnya, dan model penyelenggaraan kelas ini dijamin Undang-undang Sikdiknas No 20 tahun 2013 pasal 5 ayat 4  bahwa warna Negara Indonesia yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan dan pelayanan pendidikan secara khusus, termasuk mengungkapkan keunggulan kelas CIBI dan CIBER ini seperti tenaga pengajar pilihan yang terseleksi dengan baik,Target hafalan doa dan tahfidz siswa yang didisain lebih banyak dibanding dengan kelas normal, menggunaan pembelajaran 2 bahasa (bilingual system),  siswa mendapat bimbingan keagaamaan lebih intens, serta ruangan yang didisain secara khusus dan kreatif yang mebuat anak bisa nyaman”. Ungkapnya. 

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov Sultra  Moh. Ali Irfan dalam sambutannya mengatakan sebagai cerminan orang tua dalam mendidik anak adalah bagaimana menitipkan anak anak mereka kepada lembaga-lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi kualitas keagamaan yang baik, dengan maksud membekali mereka dalam menghadapi kondisi global seperti sekarang ini, kualitas moralitas anak kita tergantung bagaimana kita memenej anak anak kita dalam rangka mendidik mereka, karena itu saya sangat mengapresiasi apa yang dihasilkan oleh Pesri ini, Program yang diciptakan oleh Ummusshabri telah menciptakan tawazunitas dalam pendidikan. Ada 3 tawazunitas yang telah dikembangkan oleh Ummusshabri Kendari, yang pertama tawazunitas dalam pola pikir atau tawazunitas fikriyah, Kedua tawazunitas Qalbiyah, yaitu terkait dengan pembinaan kualitas keagamaan, seperti manciptakan siswa siswa yang bisa menghafal Alquran dan yang ketiga tawazunitas jasadiyah, ketiga tawazunitas inilah yang menjadi dasar menjadikan produk produk pendidikan sehingga siswa siswa unggul dalam fikriyah, unggul dalam qalbiyah dan unggul dalam jasadiyah.

Ali Irfan Juga mengapresiasi program yang telah diciptakan oleh Ummusshabri, baik dari ketuanya, dewan pembinanya, pengawas, guru-guru dan lainnya yang menghasilkan siswa siswa yang kedepan nantinya setelah keluar dari pembinaan Ummusshabri ini sudah memiliki bekal yang kuat”, jelasnya. 


Aula Pesri tampak penuh oleh apara tamu undangan termasuk orangtua siswa yang ingin menyaksikan putra-putrinya di wisuda. Ada rona kebahagiaan pada wajah para orangtua maupun para siswa.(bepe/ sultra.kemenag.go.id)

No comments:

Post a Comment