01 June 2015

Zainal Mustamin dampingi Tim Penilai Sekolah Sehat Tingkat Nasional



Kendari (Humas) Pemerintah Kota Kendari mendapat kunjungan dari Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2015 pada Hari Rabu (27/5) pekan silam. Tim penilai merupakan gabungan dari 4 Kementerian yaitu Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Dalam Negeri.

Pemkot Kendari yang diwakili oleh Setda Kendari Alamsyah Lotunani didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin menyambut kedatangan Tim Penilai di Gedung Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Kantor Dinas Pendidikan dan Budaya Kota Kendari.
Pemkot Kendari melalui Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Budaya  serta Kantor Kementerian Agama Kota Kendari sebagai Pembina Sekolah Sehat dan UKS di Kota Kendari bersinergi dalam mensukseskan kegiatan Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional.

Alamsyah Lotunani dalam sambutannya mengatakan bahwa Kota Kendari yang diwakili oleh Taman Kanak-Kanak Adyaksa serta SMAN 1 Kendari siap untuk dinilai sesuai dengan indikator serta instrumen operasionalnya.  Alamsyah mengharapkan bahwa Kota Kendari mampu meraih predikat terbaik.

Sementara itu dalam sambutannya salah satu Tim Penilai dari Kementerian Agama mengatakan bahwa Lomba Sekolah Sehat ini merupakan bagian kecil saja dari program pemerintah, dimana misi besarnya adalah mewujudkan Indonesia Sehat. Sekolah harus mengambil langkah-langkah startegis  dalam membentuk perilaku hidup sehat dan memajukan UKS dengan membuat program prioritas untuk pemberdayaan UKS. UKS merupakan benteng terhadap pengaruh negatif di sekolah salah satunya sebagai filter dalam mencegah penyalahgunaan narkoba yang akhir-akhir ini sudah masuk ke dalam kondisi darurat narkoba.

Untuk itu Tim penilai meminta agar sinergitas antar instansi perlu ditingkatkan. Menurut Tim Penilai bahwa ada 4 Kementerian yang terlibat dalam penilaian Lomba Sekolah Sehat ini menunjukan adanya sinergitas serta tanggung jawab bersama dalam menciptakan Indonesia Sehat. Penilaian akan difokuskan pada otentifikasi hidup sehat di sekolah bukan hanya terpaku pada penilaian administasi semata.


Selanjutnya Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2015 mengadakan kunjungan dan penilai ke TK Adysaksa serta SMAN 1 Kendari. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin beserta Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Aidin serta staf Penmad ikut mendapingi tim Penilai. (bepe)

No comments:

Post a Comment