04 May 2015

Zainal Mustamin Kukuhkan Keluarga Sakinah Kota Kendari



 Kendari (Humas) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Zainal Mustamin, S.Ag.,MA mengukuhkan Keluarga Sakinah serta KUA Teladan Tahun 2015, bertempat di Aula Kemenag Kota Kendari, Selasa (28/4).

Zainal Mustamin mengatakan bahwa bulan April  atau bulan Rajab ini terdapat peristiwa spektakuler dalam sejarah Islam, yaitu peristiwa Isra Miraj, untuk itu Pengukuhan Keluarga Sakinah dan KUA teladan dilaksanakan pada bulan Rajab ini, dengan harapan semoga dapat membawa semangat Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW.

Terkait Keluarga Sakinah Zainal mengatakan bahwa pemeliharaan keluarga serta perhargaan terhadap ikatan pernikahan sekarang ini semaking berkurang, dimana angka perceraian di Provinsi Sulawesi Tenggara yang terdata pada tahun 2014 sebanyak 1577 kasus perceraian, sedangkan untuk Kota Kendari sebanyak 646 kasus (41% dari data provinsi Sultra). Untuk itu pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan harus dihormati sebagai dasar pembangunan keluarga, dimana pondasi pembangunan bangsa ini bermula dari pembangunan keluarga. Jika pembangunan keluarga terabaikan maka dikhawatirkan banyak generasi muda bangsa yang salah jalan akibat “broken home” serta kurang perhatian orang tua yang akan mengakibatkan permasalahan sosial seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas serta kurangnya menghargai kehidupan bermasyarakat. Penyebab perceraian menurut penelitian diantaranya adalah suami tidak menafkahi keluarga, KDRT, perselingkuhan dan faktor lainnya.

Lebih lanjut Zainal mengungkapkan dengan adanya kegiatan Lomba keluarga sakinah diharapkan akan meningkatkan kesadaran dalam penguatan pembinaan keluarga. Keluarga yang indah tidak diukur dari banyaknya harta namun harus diimbangi dan diperkuat dengan makna spiritual. Kedepannya pelaksanaan Keluarga Sakinah serta KUA Teladan dapat lebih baik dan ditingkatkan, serta kepada para pemenang agar menyiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti perlombaan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pemenang Keluarga Sakinah tingkat Kota Kendari adalah pasangan  Satriani dan H.Abd. Halim yang berasal dari Kecamatan Abeli. Sementara untuk KUA Teladan diperoleh KUA Kecamatan Kambu.(bepe)



No comments:

Post a Comment