09 July 2015

Zainal Mustamin : Islam sebagai agama yang santun, damai, dan toleran.



Kendari(Humas) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Zainal Mustamin mengajak masyarakat Kota Kendari terutama yang beragama Islam untuk  bisa menampilkan nilai-nilai Islam yang wasathiyah,  santun, moderat, menyejukkan, mendamaikan, serta toleran. Hal ini sering disampaikan oleh Zainal Mustamin dalam berbagai kesempatan baik itu safari Ramadhan maupun pertemuan dengan para kepala madrasah, kepala pondok pasantren, para penyuluh agama Islam, para Kepala K antor Urusan Agama (KUA) maupun pegawai lingkup Kemenag Kota Kendari.
 
Zainal Mustamin juga mengharapkan agar masyarakat Kota Kendari mampu menjaga karakteristik dan jati diri sebagai warga yang santun, damai, dan toleran serta mampu berperan aktif dalam membangun dan meningkatkan kualitas kerukunan kehidupan antar umat beragama di Kota Kendari.

Selain itu Zainal Mustamin meminta supaya masyarakat Kota Kendari mewaspadai gerakan Radikalisme serta adanya aliran sesat yang berkembang di masyarakat. Zainal menjelaskan ada 10 kriteria aliran sesat sesuai keputusan Majelis Ulama Indonesia. Pertama, mengingkari rukun iman dan rukun Islam. Kedua, meyakini dan atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dalil syar’i (Alquran dan sunnah Rasulullah Saw). Ketiga, meyakini turunnya wahyu setelah Alquran. Keempat, mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Al-Quran. Kelima, melakukan penafsiran Al-Qur’an yang tidak berdasarkan kaidah tafsir. Keenam, mengingkari kedudukan hadits nabi sebagai sumber ajaran Islam. Ketujuh, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul. Kedelapan, mengingkari Nabi Muhammad Saw sebagai nabi dan rasul terakhir. Kesembilan, mengubah pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syariah. Dan yang kesepuluh, mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar’i.


Terkait kegiatan Bulan Suci Ramadhan Zainal Mustamin menerangkan bahwa pihak Kemenag Kota Kendari bersinergi dengan Pemkot Kendari dalam setiap Program Keagamaan seperti Safari Ramadhan Bersama, peringatan Nuzulul Quran, penentuan besaran Zakat Fitrah, Takbir Akbar, maupun pelaksanaan Shalat Ied. Kemenag Kota Kendari selalu menselaraskan dengan visi, misi serta program keagamaan Pemkot Kendari, dan mendukung sepenuhnya Visi Kota Kendari yang dicetuskan oleh Walikota Kendari H. Asrun yaitu menjadikan Kota Kendari sebagai Green City, Smart City dan Spiritual City.(bepe)

No comments:

Post a Comment