25 January 2017

STQ Kota Kendari Kali Ini Pakai Batasan Umur



Dokumentasi Pembukaan STQ Tahun 2016

Kendari, (Humas)--- Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kota Kendari yang akan dihelat pada 19-21 Februari memperlombakan tiga cabang, yakni tilawah, hifzil Alquran, dan tafsir bahasa Arab putra dan putri. Jika ditotalkan, sembilan kategori yang akan diperlombakan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Samsuri mengatakan, Selasa (24/1), panitia yang akan dilibatkan dalam kegiatan STQ nanti, yaitu Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Kemenag Kota Kendari, dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

Untuk mengikuti lomba tersebut, kata dia, ada batasan umur yang diberikan sesuai dengan jenis perlombaan yang diikutinya.
Untuk cabang tilawah, jelas dia, pesertanya maksimal berusia 14 tahun. Kalau yang menghafal (Al Quran) harus berusia 20-22 tahun, tidak boleh lebih.
Ka.KUA Wua-Wua (Musdar) pada sesi diskusi Rakor Persiapan STQ (24/1/2017)
Ka.KUA Kendari Barat (H. Fathuddin) pada sesi diskusi Rakor Persiapan STQ (24/1/2017)
Kita sengaja pakai batasan umur, karena yang menjadi perhitungan kami, jika suatu waktu anak tersebut berhasil menjadi jawara maka bisa mewakili daerahnya sampai ke tingkat nasional, ungkapnya.

Ia mengatakan, pihak panitia sudah menyiapkan reward (penghargaan) kepada peserta yang berhasil menjadi juara dalam STQ tingkat kota ini. Hadiahnya, ungkap dia, berupa piala bergilir dan uang pembinaan.
Sementara itu, Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rahman Napirah mengatakan, STQ tingkat Kota Kendari tersebut dilakukan untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi, yang direncanakan pada pekan kedua bulan Maret.

Persiapan-persiapan yang sudah dilakukan pertama pembentukan panitianya, waktu pelaksanannya, tempat pelaksanaannya, serta mengenai kesiapan peserta lomba sendiri yang diikuti seluruh kecamatan yang ada di Kota Kendari. Dan, tidak dibenarkan mengambil peserta dari luar kota, tuturnya.
Masih kata dia, rencananya STQ tingkat Kota Kendari tersebut akan dihelat di taman kota (tamkot) Kendari.

Kita berharap melalui STQ ini, akan dihasilkan peserta-peserta yang memang berkualitas yang bisa diandalkan untuk maju ke tingkat provinsi. Bahkan, saya juga sangat harapkan peserta tersebut dapat maju bertanding sampai ke tingkat nasional, imbuhnya.

Ia juga berharap, STQ tersebut dilakukan sebagai persiapan menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2018 yang akan datang.(BKK/was/rtr/bepe)
Sumber : sultra.kemenag.go.id
Tgl : Rabu, 25 Januari 2017, 08:03

No comments:

Post a Comment