09 June 2016

Kanwil Kemenag Sultra Pimpin Pemantauan Hilal di Tanggetada, Kolaka

1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 6 Juni 2016
Kendari (Humas)—Tim Hisab Rukyat penentuan awal bulan Ramadhan yang tergabung dari unsur Kemenag, BMKG, Pengadilan Agama, IAIN Kendari dan Ormas Islam memantau secara langsung hilal awal Ramadhan 1437 H di Kecamatan Tanggetada, Kolaka. Minggu (5/6).
Beradasarkan hasil pemantauan panitia  Hisab Rukyat Ramadhan Kemenag Sultra hingga proses selesai, hilal tak terlihat akibat terhalang awan.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Sultra H. Hasanuri mengungkapkan, meskipun hilal tak terlihat oleh thedolit (alat pemantau) akan tetapi pihaknya meyakini 1 Ramadhan jatuh hari 6 Juni 2016.

“Insya Allah besok (senin, 6/6), karena berdasarkan hisab ketinggian hilal sudah sangat tinggi sekitar 3 derajat,” ujar Hasanuri, seusai lakukan pemantauan hilal.

Akan tetapi, secara umum penetapan 1 Ramadhan akan di umumkan melalui sidang isbat oleh Kemenag RI di Jakarta malam ini pukul 19.00WIB, dan pihaknya telah mengirimkan laporan melalui fax ke pusat untuk dijadikan bahan pada sidang isbat tersebut.

Disamping itu, Tim Ahli Hisab Rukyat  Kemenag Sultra Abdul Rauf mengungkapkan proses pemantaun hilal  berlangsung selama 16 menit dengan jumlah tim pemantau sebanyak 15 orang, dimana 8 orang dari Kanwil Kemenag Sultra dan 7 orang dari BMKG, Pengadilan Agama dan IAIN Kendari.
Selain itu turut serta dalam pengamatan Hilal ini, Kepala Kemenag Kota Kendari Samsuri beserta Rombongan, pihak Kemenag Kab.Kolaka, Kemenag Kab. Kolaka Timur.

“Ya meskipun kita tidak lihat, saya yakin daerah lain tetap dapat melihatnya, karena lokasi pemantauan seluruh Indonesia sekitar 30 titik, jadi satu daerah saja yang lihat sudah pasti besok puasa,” ucap Abdul Rauf.

Selanjutnya, setelah pemantauan selesai dilakukan dan hasilnya dilaporkan di Kemenag pusat, Menteri Agama (Menag) selaku pemerintah menetapkan awal bulan Ramadhan 1437 H/2016 M jatuh pada hari Senin 6 Juni 2016. Penetapan ini disampaikan Menag dalam jumpa pers usai memimpin Sidang Itsbat (penetapan) awal Ramadhan di Kantor Kemenag RI.
(sumber : sultra.kemenag.go.id)