05 August 2015

Kemenag Kendari gelar RDP dengan Ketua DPRD Kendari




Kendari(Humas)Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kemenag Kota Kendari mengadakan kegiatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Ketua DPRD Kota Kendari Abdul Rasak, SP pada hari Kamis, (30/7) pekan lalu.
Kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan Silaturrahim dan Halal Bi Halal lingkup Kantor Kemenag Kota Kendari yang dihadiri oleh Walikota Kendari yang diwakili oleh Kabag Kesra, para pejabat (Kasi, Kepala Madrasah, Kepala KUA), penyuluh agama, pengawas Pendidikan Islam, staf lingkup Kemenag Kota Kendari, ormas yang ada di Kota Kendari, serta undangan lainnya.
Dalam RDP ini yang menjadi moderator adalah Dr.Supriyanto. Ketua DPRS Abdul Rasak didampingi oleh Kepala Kemenag Kota Kendari Zainal Mustamin serta Kabag Kesra Pemkot Kendari Arsyak Lastum.

Abdul Rasak dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Kepala Kemenag Kota Kendari Zainal Mustamin dimana secara aktif menjemput bola utnuk mengadakan dialog terbuka.. Fungsi DPRD sebagai badan yang mempunyai fungsi legislatif, anggaran dan pengawasan memerlukan mitra dialog dengan instansi pemerintah maupun dengan masyarakat agar dalam menjalankan fungsinya dapat berjalan sevara maksimal dan sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Sejah ini DPRD Kota kendari sudah melakukan evaluasi tehadap perda yang tidak sesuai dengan perkembangan jaman seperi perda miras. Kemudian beberapa produk perda yang sudah dilaksanakan seperti perda etika berbusana serta etika bebas buta aksara Al Quran dimana perda ini mendukung visi kota kendari yaitu salah satunya sebagai kota Spiritual City.

DPRD serta Pemkot Kendari bersinergi dalam melakukan pembangunan melalui pendekatan 1)inovasi;2)strategi; serta 3) program yang berasal dari musrengbang.
Saat ini Kota Kendari sedang fokus pada pengembangan dan pembangunan insfrastruktur yang kedepannya akan menunjang pertumbuhan dan meningkatkan kesejahteraan warga Kendari.

Dalam kesempatan RDP perwakilan Lembaga Pengembangan Tilawah al-Qur`an(LPTQ) Kota Kendari, FKUB Kota Kendari, Madrasah   meminta agar ketua DPRD dapat lebih memperhatikan pembinaan terhadap institusi keagamaan termasuk dalam penganggaran dana pembinaan serta dana pembangunan insfrastruktur madrasah. Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah Aidin meminta agar DPRD dapat mendukung sepenuhnya program MAN Insan Cendikia yang telah dilaksanakan bersama antara Kemenag Kota Kendari dengan Pemkot Kendari, serta Aidin meminta DPRD serius dalam upaya pencegahan narkoba di lingkungan sekolah/madrasah karena dapat merusak masa depan anak-anak bangsa khususnya di Kota Kendari. Disamping itu Aidin juga memeinta agar DPRD memperhatikan nasib guru-guru agana Non PNS supaya diberi insentif karena selama dengan keterbatasan anggaran dari pihak Kemenag insentif mereka masih terbilang kecil. Kasi Penyelenggara Haji H. Sunardin dalam kesempatan ini meminta kepada ketua DPRD agar perda biaya lokal bagi jamaah haji dapat terealisasi.


Abdul Rasak menampung semua aspirasi dan permintaan tersebut serta menjanjikan akan membahas dalam rapat anggota dewan serta akan berkoordinasi dengan Pemkot Kendari. Aspirasi ini sebagai wujud kepedulian dan tingginya harapan masyarakat terhadap kerja anggota dewan, untuk itu Abdul Rasak mengharapkan agar semua progarm yang masuk dapat menjadi terwujud dan dapat membawa kemaslahatan umat khususnya warga Kota Kendari. (bepe)