05 August 2015

Rakor FKUB se-Sultra dilaksanakan di Kemenag Kota Kendari

 
Kendari (Humas) bertempat di Aula Kemenag Kota Kendari, Rabu (29/7) dilaksanakan Rakor Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Sultra. Rakor ini di inisiasi oleh Kanwil Kemenag Kota Kendari.

Gubernur Sultra yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Gubernur Brigjen (Pur. TNI) H.M. Saleh Lasata membuka kegiatan ini. Peserta berjumlah 100 orang terdiri dari Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota, Penyelenggara Syariah Kab/Kota, Bimas (Kristen, Katolik, Hindu & Budha) Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara serta perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dari 13 Kab/Kota se- Sultra.

Sedagkan yang menjadi pemateri adalah 1) Kakanwil Kemenag Prov. Sultra (H. Moh. Ali Irfan, SE.MM.,M.Ak) membawakan materi “Peran Strategis Kemenag dalam Pembinaan Kerukunan Umat Beragama”; 2) Komandan Korem 143 HO Kendari  membawakan materi “Tantangan Kerukunan Nasional dalam Perspektif Politik, Hukum dan Keamanan Daerah”; 3) Kapolda Sultra membawakan materi “Peran Tokoh Agama untuk Memelihara Kamtibmas dan Memantapkan Kerukunan Nasional” serta; 4) Ketua FKUB Prov. Sultramembawakan materi “Reaktualisasi Nilai Ajaran Agama dan Kearifan Lokal untuk Menjaga Kerukunan Umat Beragama”.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari Zainal Mustamin mengharapkan agar  dengan adanya Rakor FKUB ini dapat meningkatkan semangat toleransi, kesepahaman, saling pengertian serta mempererat komunikasi antar pemeluk beragama.Provinsi Sultra sampai saat ini menjadi daerah yang aman dan jauh dari konflik bernuansa agama, untuk itu keadaan ini harus terus dijaga serta perlu ditingkatkan komunikasi serta koordinasi dengan semua pihak, baik pemerintah, FKUB, tokoh agama, tokoh adat serta semua pihak yang terkait, karena kewajiban dalam menjaga kebersamaan, toleransi dan nilai-nilai persatuan kesatuan bangsa adalah menjadi tanggung jawab bersama. (bepe)